Definisi Manajemen
1. Definisi Manajemen (James A.F. Stoner)
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dengan menggunakan sumber daya organisasi lainnya, agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
2. Definisi Manajemen (Horold Koontz dan Cyril O'donnel)
Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.
3. Definisi Manajemen (Umum)
Manajemen adalah suatu metode/teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara sistematik dan efektif, melalui tindakan-tindakan perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan pengawasan (Controlling) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efisien
4. Management in
- Manajemen sebagai ilmu pengatahuan (management as a science) adalah bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari ilmu-ilmu sosial, filsafat dan matematika.
- Manajemen sebagai suatu sistem (management as a system) adalah kerangka kerja yang terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara keseluruhan saling berkaitan dan diorganisir sedemikian rupa dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
- Manajemen sebagai suatu fungsi (management as a function) adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi.
- Manajemen sebagai suatu proses (management as a process) adalah serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia.
- Manajemen sebagai suatu profesi (management as a profession) adalah suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu, antara lain profesi di bidang kedokteran, bidang teknik dan bidang hukum.
- Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan bawah.
Sumber : http://ariekanayakirana.wordpress.com/
5. Definisi Manajemen (Mary Parker Follet)
Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.
6. Definisi Manajemen (Encylopedia of the Social Sience)
Manajemen adalah suatu proses mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.
7. Definisi Manajemen (Haimann)
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.
8. Definisi Manajemen (George R. Terry)
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.
yudistira
9. Definisi Manajemen (Federick Winslow Taylor)
Manajemen adalah suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan, analisis, pengukuran, percobaan dan pembuktian.
Sumber : http://www.jyus-yudistira.blogspot.com/
10. Definisi Manajemen (
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.
11. Definisi Manajemen (Drs. Oey Liang Lee)
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Sumber : http://www.geocities.com/
12. Definisi Manajemen (Ricky W. Griffin)
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia
13. Definisi Manajemen turunan dari kata “ to manage”
Istilah manajemen berasal dari kata management (bahasa Inggris), turunan dari kata “ to manage” yang artinya mengurus atau tata laksana atau ketata laksanaan. Sehingga manajemen dapat diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sumber : http://www.e-dukasi.net/
14. Definisi Manajemen yang kiranya dapat dijadikan pegangan dalam memahami manajemen, yaitu :
Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakandan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Sumber : http://www.geocities.com/
15. Definisi Manajemen (Ir.
Bila kita pelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian, yaitu pertama, manajemen sebagai suatu proses; kedua, manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen; dan ketiga, manajemen sebagai suatu seni (art) dan sebagai suatu ilmu.
Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli.
Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalam suatu badan tertentu disebut manajemen. Dalam arti singular (tunggal), disebut manajer. Manajer adalah pejabat yang bertanggungjawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain.
Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni atau suatu ilmu mengenai inipun sesungguhkan belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemen itu adalah seni, golongan lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenaran.
Sumber : http://darwito.diinoweb.com/
Fungsi Manajemen
Klasifikasi fungsi manajemen menurut beberapa para ahli, yaitu :
1. Fungsi Manajemen (Louis A. Allen)
Planning, Organizing, Motivating, and Controlling.
2. Fungsi Manajemen (Oey L. Lee)
Planning, Organizing, Directing, Coordinating, and Controlling.
3. Fungsi Manajemen (John Robert Beishline, Ph.D)
Planning, Organizing, Commanding, and Controlling.
4. Fungsi Manajemen (Henry Fayol)
Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, and Controlling.
5. Fungsi Manajemen (Luther Gullich)
Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, and Budgeting.
6. Fungsi Manajemen (Koontz dan O’Donnel)
Planning, Organizing, Staffing, Directing, and Controlling.
7. Fungsi Manajemen (William H. Newman)
Planning, Organizing, Leading, Directing, and Controlling.
8. Fungsi Manajemen (Dr. S.P. Siagian., M.P.A)
Planning, Organizing, Controlling, and Evaluating.
9. Fungsi Manajemen (John F. Fee)
Planning, Organizing, Motivating, and Controlling
10. Fungsi Manajemen (Lyndak F. Urwick)
Forecasting, Planning Organizing, Commanding, Coordinating, and Controlling.
11. Fungsi Manajemen (James A.F.Stoner)
Planning, Organizing, Leading, and Controlling.
12. Fungsi Manajemen (George R. Terry)
Planning, Organizing, Actuating, and Controlling.
13. Fungsi Manajemen (M.C. Namara)
Programming, Budgeting, Planning, and System.
14. Fungsi Manajemen (Dr. Winardi, S.E)
Planning, Organizing, Coordinating, Actuating, Leading, Communication, and Controlling.
15. Fungsi Manajemen (The Liang Gie)
Planning, Decision making, Directing, Coordinating, Controlling, and Improving.
Sumber : http://www.jyus-yudistira.blogspot.com/
Buku Ekonomi SMA Kelas XII, Yudhistira
0 comments:
Post a Comment